ASEAN, Ayo Mulai Pesta Ini!

Sementara sebagian besar investor terbesar dunia masih sibuk berdansa dengan China, pesta lain telah diadakan di ekuator. Musik telah dimainkan dengan lembut di daerah ini dan sekarang mereka siap untuk bermain rock and roll untuk bergabung dengan pesta di ballroom komunitas global.

Pesta dimulai pada tahun 1967 dan para pendiri negara setuju untuk menamai partainya dengan ASEAN (Association of South East Asia Nations). Selama lima puluh tahun ke depan, seperti kebanyakan partai di dunia ini, selalu ada partai penghancur seperti ketidakstabilan politik, pengakuan teritorial, penggundulan hutan, atau bahkan segregasi yang terburuk. Jadi, mereka masih berdiri sampai hari ini dan mereka memutuskan untuk membawa beberapa pertunjukan langsung ke pesta.

Hari ini, ASEAN mulai melihat dan percaya diri dalam membuat jalannya sendiri untuk mengatur segala sesuatunya seperti implementasi MEA di indonesia. Mereka sudah meratifikasi perjanjian perdagangan bebas dan itu pertanda baik bagi partai untuk terus maju. Kabar baiknya, mereka juga ambil bagian sebagai wilayah penghuni terbesar ketiga di Asia dan dengan reputasi itu mereka sama enaknya dengan kalkun untuk hidangan utama investor.

Namun sebelum go international show, kawasan harus berkonsentrasi pada pengembangan infrastruktur regional. Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, banyak negara yang masih berkutat dengan konektivitas dan transportasi antarwilayah yang rendah. Karena tujuh puluh persen wilayahnya merupakan negara kepulauan, ASEAN harus fokus menjembatani bangsa dengan jalur kereta api, dan kapal penyeberangan untuk menghubungkan antar pulau. Sistem perkeretaapian antar daerah yang bagus pasti akan mendongkrak kekayaan ekonomi hingga ke sudut pesta ballroom.

Hal lain yang sering mereka lupakan adalah menyediakan energi yang cukup untuk meningkatkan kecepatan produksi produk dalam negeri. Berbeda dengan kondisi saat ini dimana satu member masih haus akan limun dan yang lainnya siap membantu ketika sudah mendapat bayaran. Anggota partai harus duduk bersama dan membangun sistem energi yang terpusat namun dapat didistribusikan di seluruh wilayah. Mereka harus membangun kabel bawah tanah atau kabel laut untuk memperkuat desa. Dengan potensi energi yang melimpah dari tenaga laut, ASEAN harus membangun pembangkit listrik dari energi gelombang dan angin untuk menciptakan energi bersih bagi wilayahnya.

Oleh karena itu dalam 25 tahun mendatang daerah akan dipersiapkan dengan baik untuk mengikuti pesta sebagai salah satu pemimpin dunia dan mudah-mudahan pada saat mereka mencapai 100 tahun pesta ulang tahun, mereka sudah menjadi salah satunya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *